Kresna
Duta

Nikmati pertunjukan budaya Indonesia, nilai-nilai luhur Nusantara, yaitu Pergelaran Wayang Wong diiringi dengan musik tradisional Gamelan.
Lihat jadwal pertunjukan

Tujuan dan Misi Pagelaran

Tujuan dan harapan kami dengan mengadakan workshop dan pergelaran ini yaitu mengangkat kembali popularitas kesenian wayang orang yang hampir punah ini dikalangan masyarakat indonesia dan memperkenalkan salah satu kesenian traditional tua Indonesia, sekaligus mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Jerman.
Seminar interaktif ‘Wayang Orang‘ bertujuan memperkenalkan seni ini  dengan membahas sejarah wayang orang, peragaan contoh busana dengan cara pemakaian, contoh bentuk permainan panggung seperti gerak tari, dialog (antawecana), serta nyanyian (tembang).
Foto: Workshop interaktiv Wayang Orang di Konsulat Jendral Republik Indonesia Hamburg
3
0
0

Latar Belakang

Seni pertunjukan wayang orang merupakan salah satu kebudayaan berbasis seni pertunjukan tradisional jawa berusia lebih dari 300 tahun sejak pertengahan abad ke18 dan merupakan perpaduan seni rupa, seni suara, seni musik dan seni peran serta mengambil cerita berbasis epic kolosal Ramayana dan Mahabharata. Pertunjukan wayang juga digolongkan sebagai karya Adiluhung yang menjunjung tinggi nilai luhur tradisi dan berhasil berevolusi sejak tahun 1760.
Kebudayaan sering dilihat benda utuh yang sudah jadi yang diberikan oleh orangtua kita, yang tidak boleh diapapakan. Sebaliknya, kita seharusnya melihat budaya yang ada sebagai modal yang dapat dikembangkan, dibangun, dibongkar, disempurnakan.
Founder Desain Grafis Indosesia (DGI) - Mendiola Budi Wiryawan